Perencanaan Organisasi Kewirausahaan

Karakteristik Umum Perencanaan

Pada saat membahas tentang Promo Indonesia dan Agen Bola, sempat terlintas di pikiran saya tentang Perencanaan Organisasi Kewirausahaan. Dan bagaimana langkah-langkah untuk menyusun strategi atau perencanaan tersebut. Ada beberapa pokok pembahasan yang mungkin nanti akan dibahas di situs ini. Antara lain adalah, Karakteristik Umum Perencanaan, Jenis-Jenis Perencanaan, Perencanaan dan Tingkatan Manajemen, Pendekatan dalam Perencanaan dan masih banyak lagi seputar Perencanaan Organisasi Kewirausahaan ini. Tapi untuk postingan kali ini, saya ingin membahas pada poin pertama yaitu: Karakteristik Umum Perencanaan.

Definisi Perencanaan Organisasi Kewirausahaan

Perencanaan adalah proses menentukan bagaimana organisasi dapat mencapai tujuannya. Perencanaan adalah proses menentukan dengan tepat apa yang akan dilakukan organisasi untuk mencapai tujuannya, sama halnya beberapa agen bola yang sudah dibahas disini seperti Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia. Dalam istilah yang lebih resmi, perencanaan didefinisikan sebagai perkembangan sistematis dari program seperti Promo Member Alfamart tersebut sebagai perkembangan sistematis dari program tindakan yang ditujukan pada pencapaian tujuan bisnis yang telah disepakati dan dianalisa dengan proses evaluasi dan seleksi diantara diantara kesempatan-kesempatan yang terprediksi.

Tujuan Perencanaan Organisasi Kewirausahaan

Perencanaan Organisasional memiliki dua maksud yaitu perlindungan dan kesepakatan (Protective dan Affirmative). Maksud Protektif adalah meminimalisir resiko dengan mengurangi ketidak-pastian disekitar kondisi Bisnis dan menjelaskan konsekuensi tindakan manajemen yang berhubungan. Tujuan Affirmatif adalah membentuk usaha terkoordinasi didalam sebuah organisasi. Tanpa adanya perencanaan biasanya disertai dengan tidak adanya koordinasi dan timbulnya keidak efisienan. Akan tetapi tujuan mendasar dari perencanaan adalah membantu organisasi mencapai tujuannya. Koontz, O’Donnel menyatakan bahwa maksud perencanaan adalah “untuk melancarkan pencapaian usaha dan tujuan “. Tujuan lain dari perencanaan berkisar pada maksud mendasar ini.

Kerugian dan Keuntungan Perencanaan Organisasi Kewirausahaan

Program perencanaan memiliki banyak keuntungan, contoh kasus seperti pada postingan yang berjudul Dukung Piala Euro 2012 bersama Agenbola338.com dimana adalah membantu berorientasi ke masa depan. Wirausahawan harus bisa melihat keluar dari masalah harian yang normal untuk memproyeksikan apa yang akan mereka hadapi di masa mendatang. Kedua, koordinasi keputusan. Keputusan hendaknya tidak dibuat sekarang tanpa adanya gagasan tentang bagaimana ia mempengaruhi keputusan yang harus dibuat besok. Fungsi perencanaan membantu wirausahawan dalam usahanya mengkoordinasi keputusan.

Perencanaan menekankan tujuan organisasional, dimana tujuan organisasional adalah titik   awal perencanaan, wirausahawan secara konstan diingatkan dengan apa yang akan dicapai organisasi mereka. Jika fungsi perencanaan tidak dilaksanakan dengan baik dalam sebuah organisasi atau perusahaan, bisa jadi akan menimbulkan kerugian-kerugian. Penekanan pada program perencanaan akan memakan banyak waktu manajemen. Manajemen harus membagi antara waktu yang digunakan untuk perencanaan dengan waktu yang digunakan untuk fungsi manajemen lainnya seperti pengorganisasian dan pengawasan terhadap Perencanaan Organisasi Kewirausahaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s